Minggu, 02 Agustus 2015

PARA TOKOH KARATE

KANRYO HIGASHIONNA, PENCIPTA KARATE

Image
Karate diciptakan oleh Master Kanryo Higashionna yang hidup antara tahun 1840 – 1910 pertama di kota Naha pulau Okinawa, Master Higashionna mulai mempelajari ilmu beladiri sejak tahun 1850 di kota kecil Tomari dan Shuri. Master Higashionna mulai memperdalam ilmu beladiri tangan kosong selain di Okinawa juga belajar di China dengan Master Woo (Ru dalam bahasa Jepang) antara 15 – 20 tahun mempelajari Boxing China, dia melihat Goju sebagai arah yang tepat sebagai gayanya bukan di Okinawa melainkan di China. Setelah kembali ke Okinawa diciptakan dan dikembangkan sistem bertarungnya dengan cara bertarung China dan mulai memiliki murid diantaranya bernama Chojun Miyagi.
<!--more-->

CHOJUN MIYAGI, PENCIPTA GOJU-RYU
Image
Chojun Miyagi lahir pada 25 April 1888 di Naha Okinawa, Miyagi yang mengembangkan karate Goju di jepang. Master Chojun Miyagi mulai belajar karate sejak berusia antara 9 – 11 tahun. Setelah Master Kanryo Higashionna meninggal dunia Chojun Miyagi belajar ke China di propinsi Fukien di biara Shaolin dan Pa Kua beladiri China.
Pada tahun 1929 dia beri nama GOJU paduan antara Keras dan Lembut, dia menciptakan kata Sanchin sebagai aplikasi Keras dan kata Tensyo aplikasi dari lembut. Master Miyagi meninggal dunia di Okinawa pada 8 Oktober 1953. Di Okinawa, Chojun Miyagi digelari “Bushi Magusuku” (gentleman warrior). Pada tahun 1951, Hanshi Gogen Yamaguchi menerima tingkatan Dan 10 dari Chojun Miyagi.

GOGEN YAMAGUCHI, PENDIRI GOJUKAI IKGA
Image
Gogen Yamaguchi lahir pada 20 Januari 1909 dikota Kagoshima pulau Kyusu, sejak kecil dia tertarik dengan beladiri, disekolah dia berlatih Kendo, Gogen Yamaguchi mulai belajar karate dibawah bimbingan Mr. Maruta yang berasal dari Okinawa.
Ketika Sensei Yamaguchi kuliah untuk pertama kalinya bergabung bersama klub karate Universitas Ritsumeikan di Kyoto. Pada tahun 1931 ketika berusia 22 tahun tertarik dan menemukan teknik Goju dari Master Chojun Miyagi, Gogen Yamaguchi berhasil sukses mendirikan sekolah Goju di Jepang dan mengembangkan karate Goju bukan hanya di jepang tetapi di seluruh dunia hingga sekarang.
Pada tahun 1951, Hanshi Gogen Yamaguchi menerima tingkatan Dan 10 dari Chojun Miyagi. Dan pada tahun 1949, dari Chojun Miyagi, Gogen Yamaguchi juga mendapat gelar “GOGEN” yang konon berarti “orang yang dipercayai” untuk melanjutkan pengembangan Goju-Ryu di seluruh Jepang. Hanshi Gogen Yamaguchi mendapat penghargaan yang dikenal sebagai : ”Ranju – Hosho” (Blue Ribbon Medal) dari kaisar Jepang. Gelar ”The Cat ” Gogen Yamaguchi belum diketahui siapa yang pertama kali menggunakannya terhadap Yamaguchi.

GOSHI YAMAGUCHI, PRESIDEN GOJUKAI IKGA
Image
Goshi Yamaguchi di lahirkan di Shinjing, Manchuria pada 28 September 1942, sebagai putra ketiga dari Kaiso (pendiri) Master Gogen Yamaguchi. Pada tahun 1951, dalam usianya yang kedelapan tahun, Goshi mulai berlatih Karate-Dojo di Senzoku Dojo di Asakusa. Goshi Yamaguchi mencapai tingkat Dan 1 pada tahun 1957, meraih Dan 2 pada tahun 1959. Pada tahun 1962 Goshi meraih Dan 3 serta meraih derajat instruktur.
Goshi melanjutkan studinya di Universitas Nihon pada tahun 1963, dalam bidang Cinema di Fakultas Seni. Ketika Goshi menjadi Mahasiswa, Goshi ke Amerika Serikat mengajar Karate-Do pada cabang–cabang Gojukai yang ada di Amerika Serikat selama setahun.
Setelah Goshi kembali ke Jepang dari Amerika Serikat, Goshi mengajar Karate pada berbagai dojo – dojo Goju-Ryu. Goshi menjadi sarjana seni di universitasnya pada tahun 1969, di saat mana Goshi juga sudah menjadi “full time” Shihan di Honbu (Dojo Pusat) dengan suatu tekad akan mempromosikan dan memajukan Goju-Ryu Karate-Do. Goshi telah mengunjungi dan mengajar Karate-Do pada lebih 40 negara di Dunia dalam kapasitasnya baik selaku instruktur resmi Gojukai, maupun selaku instruktur All Japan Karate-Do Federation. Instruktur resmi Tokyo Karate Federation dan juga sebagai wasit International.
Pada tahun 1990, Goshi dipilih menjadi presiden All Japan Karate-Do Gojukai Association , sekaligus juga terpilih sebagai President International Karate-Do Gojukai Association ( IKGA ) dan juga pada tahun yang sama Goshi terpilih sebagai Saiko Shihan (Grand Master) pada dua organisasi tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar